Empat Buah yang Punya Nutrisi Paling Tinggi

Ilustrasi. (EvolvingScenes/Pixabay)

DETAKKaltim.Com : Buah-buahan dan sayuran seringkali diandalkan sebagai makanan pengganti bernutrisi dalam program diet. Namun sayangnya kandungan gula dalam buah tidak semuanya dapat membantu diet itu sendiri.

Sebenarnya, semua buah sangatlah baik untuk dikonsumsi. Namun ternyata beberapa buah dianggap lebih sehat dibandingkan yang lain. Berikut adalah lima buah yang memiliki paling banyak nutrisi, yang bisa Anda konsumsi.

1. Lemon

Mungkin Anda terkejut mengetahui bahwa buah yang paling padat nutrisi dari semuanya adalah lemon. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika, buah lemon mengungguli buah labu, selada dan ubi jalar dalam hal kepadatan nutrisi dengan skor 18,72. Sarat akan kandungan vitamin C dan serat yang tinggi, menjadi alasan mengapa Anda tidak disarankan mengisap buah lemon setiap hari, karena ini akan melepaskan enamel, lapisan pencegah kerusakan pada gigi Anda.

2. Stroberi

Stroberi merupakan buah berry paling sehat. Setidaknya, menurut CDC, dengan kepadatan nutrisi 17,59, stroberi berada dalam urutan pertama daftar belanja Anda di musim panas. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika pun menunjukkan bahwa stroberi mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan buah jeruk, dan juga mengandung 170 miligram kalium, mineral yang penting untuk tubuh manusia. Selain itu, buah ini kaya akan antioksidan dan flavonoid tinggi, mencegah resiko penyakit jantung dan diabetes.

3. Jeruk

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika, memakan satu buah jeruk sama dengan mengonsumsi 130 persen dosis harian vitamin C dan 250 miligram kalium. Tak hanya itu, menurut Medical News Today, jeruk juga kaya akan flavonoid, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat. Sebuah penelitian pun telah membuktikan, dengan mengonsumsi buah jeruk secara teratur dapat mengurangi risiko stroke pada wanita.

4. Jeruk Nipis

Saat panas terik, menikmati minuman dingin dari air dan buah kelapa, dipadukan dengan jeruk nipis, tentu akan menjadi sebuah kesegaran tersendiri. Namun kini, mungkin Anda perlu mencoba menikmati hanya jeruk nipisnya saja, karena buah ini memiliki skor 12,23 di peringkat kepadatan nutrisi. Dan sudah pasti mengandung vitamin C. Sebuah studi pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal ARYA Atherosclerosis, menemukan bahwa dengan mengonsumsi jeruk nipis dapat mengurangi risiko penyakit jantung. (Sumber: CNN Indonesia.com)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password