Rita Minta Kepala SKPD Hingga Pengusaha Dukung Sensus Ekonomi

Bupati Kukar Rita Widyasari (foto:HA)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari mengimbau para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah/Kades serta pelaku usaha, pebisnis dan Asosiasi Usaha seluruh Kukar, agar mendukung Sensus Ekonomi 2016.

“Saya harap semua Kepala instansi hingga Lurah atau Kades, serta pegusaha untuk mendukung sensus ekonomi 2016,” ujar Rita pekan ini.

Rita mengatakan, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) nomor: B-974/BPS/6130-SE2016/12/2015 tanggal 30 Desember 2015 perihal Dukungan Penyelenggaraan Sensus Ekonomi (SE) 2016.

Disebutkannya bahwa, kegiatan pendaftaran usaha atau perusahaan SE 2016 akan dilaksanakan pada 1 sampai 31 Mei 2016 secara serentak di seluruh Indonesia, mulai usaha mikro atau rumah tangga, kecil dan menengah (UMKM) serta usaha atau perusahaan besar.

“Listing (pendaftaran.red) SE 2016 ini akan mencakup semua sektor, kecuali sektor pertanian karena sudah dicakup dalam Sensus Pertanian 2013,” ujarnya.

Dikatakannya, bagi pemerintah, hasil Listing SE 2016 tersebut akan sangat berguna sebagai dasar perencanaan ekonomi, mengetahui potensi ekonomi, peta sektor usaha, penyerapan tenaga kerja, penghitungan nilai tambah yang akurat, dan sebagainya. Sedangkan bagi dunia usaha Listing SE 2016 sangat bermanfaat di antaranya sebagai dasar perencanaan pengembangan usaha, penentuan pangsa pasar, potensi pasar, jumlah usaha sejenis dan sebagainya.

Selanjutnya, menurut Rita pelaksaanaan SE 2016 secara teknis administratif akan dikoordinasikan oleh BPS Provinsi dan BPS Kukar, sedangkan untuk arahan dan kelancaran teknis operasionalnya dibutuhkan bantuan dan dukungan dari semua pemimpin institusi pemerintah.

“Untuk itu saya instruksikan agar mendukung kegiatan ini, dengan mengimbau kepada masyarakat dan para usaha di wilayah administrasi saudara, agar membantu petugas pendata SE 2016 dengan memberikan jawab yang benar dan apa adanya,” demikian imbaunya. (HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password