Pramuka Kukar Gelar Pelatihan Penyusunan Pertanggung Jawaban  

Ali Husni selaku seketaris Kwarcab gerakan pramuka Kukar memberikan materi pelatihan (doc.Gerakan Pramuka Kukar)

 

DETAKKaltim,Com, TENGGARONG : Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur menggelar Pelatihan Pembekalan Penyusunan Pertanggung Jawaban Operasional Kwartir yang pada 17-18 Maret 2016 tadi.

Acara yang dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Keuangan Usaha, Sarana dan Prasarana Pramuka Kukar, H M Arsad itu diberlangsung di ruang pertemuan Hotel Lizha Tenggarong, Kamis, (17/3/2016) malam.

Dalam sambutannya, Arsad mengatakan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda hendaknya sigap dengan kemajuan zaman. Menurutnya, revitalisasi Gerakan Pramuka senantiasa muncul guna menegaskan kembali bahwa Pramuka sebagai pendidikan moral, budi pekerti dan kepribadian sehingga dapat membentuk karakter generasi muda yang sesuai dengan cita-cita Gerakan Pramuka.

”Sehubungan dengan strategisnya peranan Pramuka dalam membentuk generasi muda yang beriman, bertaqwa dan berbudi pekerti luhur, sehingga Gerakan Pramuka di Kukar merupakan kegiatan ekstra wajib yang dilaksanakan di satuan pendidikan baik formal, maupun non formal,” terang Arsad.

Diharapkannya, setelah mengikuti pelatihan itu peserta mampu memahami dan dapat melaksanakan kegiatan pada Kwartir dalam hal pembuatan laporan kegiatan dan laporan pertanggungjawaban keuangan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku, serta mampu mengelola Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik) sesuai dengan golongan dan mengelola satuannya.

Ketua panitia acara itu, Wahyuddin Effendi menyampaikan bahwa tujuan pelatihan itu adalah untuk memberi bekal pengetahuan dan pengalaman terhadap anggota Pramuka tentang administrasi keuangan, punyusunan laporan kegiatan dan punyusunan laporan pertanggung jawaban.

”Semoga dalam kegiatan kali ini dapat mendorong Gerakan Pramuka untuk lebih meningkatkan kontribusi, dalam upaya membentuk karakter kaum muda yang baik sebagai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan,” ujarnya.

Wahyudin mengatakan peserta pelatihan itu sebanyak 40 orang, terbagi atas 36 orang Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) dan Bendahara, 2 orang dari Satuan Karya (Saka) Bhayangkara serta 2 orang dari Saka Wira Kartika.

”Mereka adalah penerima dana bantuan operasional pada September 2015 lalu. Di mana kwartir ranting mendapat Rp.20 juta, Satuan Karya Bhayangkara dan Wira Kartika masing-masing Rp10 juta,” jelas Wahyuddin.

Terkait dengan penggunaan dana tersebut, wahyuddin mengingatkan baik Kwarran maupun Saka harus sudah menyerahkan laporan pertanggungjawabannya ke Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar paling lambat 31 Maret 2016 ini.

Dalam kegiatan ini, Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar menghadirkan Diwansyah selaku bendahara Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar, Heriansyah dari Inspektorat dan Ali Husni selaku Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar serta HM Arsad. (HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password