Dibuka, Galeri Dekranasda Tampilkan Kerajinan Asli Balikpapan

Batik Balikpapan

 

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Galeri dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Kota Balikpapan, diresmikan operasionalnya oleh Ketua Umum Dekranasda Kota Balikpapan Arita Rizal Effendi, Rabu siang (16/3) bersamaan dengan pembukaan pameran Balikpapan Fair 2016. Galeri yang berada di kompleks Balikpapan Sport and Convention Centre (Dome) ini akan menjadi wadah untuk memamerkan produk kerajinan dari para perajin di kota Balikpapan.

Ketua Umum Dekranasda Balikpapan, Arita Rizal Effendi melalui Ketua Harian Dekranasda Doortje Marpaung mengatakan peresmian galeri ini merupakan upaya dekranasda dalam menyediakan fasilitas pendukung dalam pemberdayaan para perajin lokal dan sebagai wadah dalam memperkenalkan produk-produk kerajinan asli Balikpapan.

“Galeri ini ada dua lantai, lantai pertama ini untuk menampilkan produk kerajinan, sedangkan dilantai 2 itu akan difungsikan sebagai ruang pertemuan untuk kegiatan pelatihan para perajin,” ungkap Doortje.

Saat memasuki galeri, mata pengunjung akan dimanjakan oleh tampilan beragam produk kerajinan khas Balikpapan yang akan menarik untuk dimiliki, seperti batik Balikpapan yang menampilkan motif kepiting, mangrove, dan jahe yang merupakan ciri khas Balikpapan. Ada pula kerajinan rotan, ukiran, kerajinan manik-manik dari bebatuan, hingga produk olahan makanan. “Sebelum masuk galeri, produk kerajinan ini melalui seleksi sehingga layak dipamerkan,” paparnya.

Doortje menjelaskan seleksi produk kerajinan dilakukan guna memastikan produk yang dipamerkan adalah kerajinan asli Balikpapan. Selain itu produk yang ditawarkan juga harus memiliki potensi baik dari sisi ekonomis maupun bahan baku yang berasal dari kota ini. “Tidak semua produk kerajinan kita tampilkan disini (galeri dekranasda-Red),”lanjutnya.

Kehadiran Galeri Dekranasda Balikpapan merupakan  wadah baru  yang dapat dipilih oleh para wisatawan yang hendak mencari produk kerajinan khas Balikpapan, selain pusat-pusat kerajinan yang ada di Kota Balikpapan. “Galeri ini dibuka setiap hari dari pagi sampai dengan sore, sehingga jika ada tamu-tamu dari luar kota yang berkunjung bisa diajak kesini,” ajak Doortje. (Sumber:Hms/mgm/Humaspro)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password