Agus Bertekad 2018 Seluruh Kampung di Berau Nikmati Listrik

Wakil Bupati Agus Tamtomo

DETAKKaltim.Com, BERAU : Masih banyak kampung di Kabupaten Berau belum menikmati terangnya listrik, dan persoalan listrik masih akan terus mendapat perhatian khusus. Bahkan, secara pribadi, Wakil Bupati Berau Agus Tantomo menginginkan pada tahun 2018 nanti, tidak ada lagi kampung yang mengeluh belum menikmati listrik.

Hal ini ditegaskan Wabup beberapa waktu lalu, ketika menerima tim Akuo Energy salah satu partner Millenium Challange Amerika Indonesia (MCAI), yang akan membangun Listrik Tenaga Surya di empat kampung, masing-masing 2 kampung di wilayah pesisir dan 2 kampung lainnya di wilayah pedalaman.

“Saya punya tekad pribadi, tahun 2018 semua kampung sudah berlistrik,” kata Agus.

Rencana Akuo Energy yang akan membangun kebutuhan masyarakat tersebut, mendapat dukungan penuh oleh Wabup.

“Kalau ada hambatan di lapangan, lapor langsung dengan saya,” katanya.

Empat kampung yang akan diberikan bantuan listrik komunal tersebut, yakni Kampung Long Beliu, Kampung Merabu (Kelay) serta Kampung Teluk Sumbang (Biduk Biduk) dan Kampung Balikukup (Batu Putih).

Survey terhadap kampung tersebut sebetulnya sudah dilakukan sejak bulan Februari 2015 lalu. Ketika awal program ini akan digelontorkan, Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) justru mengusulkan 9 kampung. Namun, dalam penilaian akhir, hanya empat kampung yang dinilai paling tepat untuk mendapatkan fasilitas listrik bertenaga Surya tersebut.

Untuk teknologi tenaga Surya, dalam beberapa tahun sebelumnya, juga sudah dilakukan. Seperti empat kampung yang ada di Pulau Maratua, sudah terlebih dahulu menikmati listrik bertenaga Surya di mana masyarakatnya sudah dapat layanan listrik selama 24 jam. Hal serupa juga di Pulau Derawan dan Kampung Long Laai, yang juga warganya tak lagi mengeluh minimnya layanan listrik.

PLN juga terus berupaya agar kecamatan yang masih menikmati listrik selama 12 jam, akan ditingkatkan hingga layanan 24 jam. Seperi di Ibukota Kecamatan Pulau Derawan (Tanjung Batu), Ibukota Kecamatan Bidukbiduk serta di Kecamatan Kelay.

Dalam perbincangan bersama PLN dan Distamben, PLN mengakui akan menempuh cara melalui pengadaan mesin genset yang akan memperkuat di masing-masing ibukota kecamatan tersebut. (Sumber: Beraukab.co.id)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password