Kemajuan Pesat, RSUD AM Parikesit Lakukan Operasi Rekonstruksi Wajah

Para Dokter Spesialis dibantu staf medis melakukan operasi besar rekonstruksi wajah, Senin (7/3/2016) (foto: Humas RSUD AM Parikesit)

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit Tenggarong Seberang, Kalimantan Timur melakukan operasi besar rekonstruksi wajah terhadap pasien yang mengalami kecelakaan lalu lintas, Senin (7/3/2016)

“Operasi besar itu melibatkan lima dokter spesialis, meliputi bedah plastik, mata, bedah umum, paru, dan anastesi,” ujar Ketua tim operasi dr Beatrice, Selasa (8/3/2016).

dr Beatrice mengatakan, semenjak masuk Unit Gawat Darurat (UGD) pasien yang bersangkutan telah mengalami tiga kali operasi.

Operasi pertama dilakukan pada hari terjadinya kecelakaan pada tanggal 26 Februari 2016, tujuan life saving untuk mengamankan jalan nafas (airway), menyelamatkan jaringan lunak serta menghentikan pendarahan. Operasi kedua dilakukan pada 4 Maret 2016 yang bertujuan membuat jalan pernafasan alternatif (trakeostomi) untuk persiapan operasi ketiga (7/3/2016).

dr Beatrice mengatakan bahwa, operasi ketiga tersebut merupakan upaya penyelamatan jaringan lunak dan untuk merekonstruksi wajah pasien dengan memasang plat pada bagian-bagian tulang yang patah.

Operasi ketiga itu melibatkan beberapa dokter spesialis, karena menurut dr Beatrice beberapa organ vital pada wajah pasien mengalami kerusakan yang parah. Tulang pada wajah pasien mengalami patah dan pecah pada bagian tulang pipi, hidung, rahang, tulang mata, dan langit-langit mulut lepas, serta ada jejas / memar akibat benturan di bagian dada.

“Operasi yang memakan waktu lebih dari 10 jam itu terlaksana dengan melibatkan sebagian besar tim ruang operasi RSUD,” ujarnya.

Direktur RSUD AM Parikesit dr Martina Yulianti mengatakan bahwa operasi besar ini merupakan operasi besar kedua. Sebelumnya RSUD AM Parikesit telah melakukan operasi besar ortophedi.

“Gedung baru, SDM yang kompeten, serta peralatan medis yang canggih memungkinkan operasi besar ini dilakukan di rumah sakit kami. Hal ini tentu membutuhkan sinergisitas kerja yang baik antara manajemen dan para staf medis,” katanya.

Semenjak belum dipindahkan ke Tenggarong Seberang, RSUD AM Parikesit telah banyak melakukan persiapan untuk menyongsong perubahan budaya dan kualitas pelayanan yang lebih baik. Dan setelah menempati gedung baru yang dilengkapi peralatan medis yang canggih, performance pelayanan kesehatan semakin meningkat. Saat ini RSUD AM Parikesit telah memiliki dokter spesialis yang cukup lengkap dan menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Kalimantan Timur.(HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password