Nakhodai PP IKA Unmul, Isran Noor Ingin Unmul Lebih Dikenal

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Universitas Mulawarman (Unmul) sebagai universitas negeri terbesar di Kaltim, telah banyak melahirkan tokoh-tokoh pemimpin di daerah ini. Namun begitu, tokoh-tokoh yang dikenal itu hanya sebagian kecil, karena saat ini saja tercatat ada lebih dari 40 ribu lulusan Unmul, yang mungkin memiliki prestasi lain yang belum diketahui.

Hal inilah yang ingin dibenahi oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unmul yang baru dikukuhkan di Lamin Etam hari ini, Senin (29/2/2016) Isran Noor. Menurut mantan Bupati Kutim ini, dengan jumlah sebanyak itu menjadi potensi yang seharusnya bisa dimaksimalkan, demi membesarkan martabat kampus di dunia pendidikan nasional.

“Ya, kita akan mencoba mendata kembali alumni-alumni ini. Kemudian mengcluster mereka-mereka yang sudah memberikan peran nyata dan karya dalam memajukan daerah,” ucap Isran yang merupakan lulusan dari Fakultas Pertanian Unmul tersebut.

Di kesempatan ini, Isran juga mengungkapkan sedikit cerita saat ia masih menjadi mahasiswa di Kampus Unmul. Diceritakannya, bagaimana ia harus meminjam jas untuk wisuda dari temannya, yang saat ini telah menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie. Namun, kebanggaannya saat diwisuda menjadi sarjana di Unmul ini merupakan kebahagiaan yang begitu berkesan, dibandingkan saat dirinya meraih gelar doktoralnya di kampus lain.

Sementara itu, Rektor Unmul Masjaya, dalam sambutannya juga menyebutkan bahwa saat ini Unmul terus mengalami pengembangan. Baik dalam segi penambahan fakultas dan program studi. Kemudian peningkatan SDM pendidik, di mana jumlah dosen yang menyandang gelar doktoral terus mengalami peningkatan.

Senada dengan Isran, Masjaya juga sepakat bahwa dengan banyaknya tokoh publik yang lahir dari Unmul, berarti kampus ini bisa disejajarkan dengan universitas lainnya. Termasuk dukungannya dalam mendata dan mengklasifikasi alumni yang berprestasi, disebutnya bisa menjadi salah satu poin penting dalam peningkatan akreditasi kampus.

“Dengan adanya pendataan yang lebih terkonsep, kita bisa ketahui di mana lulusan Unmul ini terserap,” pungkas Masjaya. (cuk)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password