Tari Jepen Warnai Pembukaan Muswil VII KKSS Kaltim

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dua kali kegiatan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) digelar di Hotel Bumi Senyiur. Dua kali pula Tarian Jepen mengisi panggung kehormatan acara dan mendapat perhatian serius dari hadirin yang memenuhi ruangan. Lengang lenggok penari yang mulai berangkat remaja ini seakan menghipnotis penonton, sehingga tak ada yang beranjak dari tempat duduknya.

Pertama ketika ajang silaturrahim antara warga KKSS Kaltim dengan Gubernur Sulawesi Selatan Syharul Yasin Limpo beberapa waktu lalu, kemudian yang kedua pada Pembukaan Muswil VII KKSS Jum’at malam (26/2/2016) yang baru saja berakhir malam tadi.

Menurut Bunda Marwan, pendamping anak-anak yang mempersembahkan Tarian Jepen Lenggang Mustika malam itu, mereka yang ditampilkan ini adalah merupakan juara pada Festival Mahakam baru-baru ini.

“Mereka ini yang juara pada festival Mahakam tadi, dan dalam waktu dekat mereka akan diberangkatkan ke Korea Selatan,” ungkapnya kepada Wartawan DETAKKaltim.Com di sela-sela persembahan Tarian Jepen.

jepen-kkss-3
Persembahan Tarian Jepen menyambut kedatangan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo beberapa waktu lalu. (foto:LVL)

Salah seorang pengurus Ikatan Wanita Sulawesi Selatan yang tidak ingin namanya disebutkan mengatakan penghargaannya atas persembahan budaya Kutai di acara KKSS ini. Dia berharap agar ke depan hal semacam ini terus digalakkan sebagai simbol persaudaraan antara kedua suku bangsa.

“Mudah-mudahan selalu bersedia mengisi acara di acara KKSS ya. Ini sangat bagus untuk mengeratkan jalinan persaudaraan kita,” ujarnya seraya berlalu.

Pergantian kepengurusan KKSS Kaltim diharapkan tidak mengurangi jalinan keakraban antar kedua suku bangsa yang memang telah memiliki benang merah sejarah sejak ratusan tahun silam, namun justru diharapkan semakin erat ke depannya seiring perkembangan zaman. (LVL)

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password