Kembangkan Tujuan Wisata, Kukar Bangun Taman Replika Kerajaan Nusantara 

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Kutai Kartanegara (Kukar) akan memiliki taman replika Kerajaan Nusantara dan Monumen Dunia, yang dibangun di kawasan Waduk Panji Sukarame, tepatnya di sebelah Museum Kayu Tuah Himba, Jln Anggana, Tenggarong, Kalimantan Timur.

“Pembangunan taman replika itu termasuk dalam kegiatan pengembangan kawasan Waduk Panji Sukarame, yang mulai dikerjakan 2015 tadi,” ujar Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, saat meninjau lokasi taman replika, Kamis (25/2/2016).

Rita mengatakan, taman replika tersebut dibuat untuk menjadi tempat rekreasi baru, sekaligus wahana pengetahuan dan pendidikan.

Taman-Replika2
Bupati Rita Widyasari mengunjungi Menara “Pisa” . Salah satu keajaiban dunia yang menghiasi kawasan Taman Panji Sukarame. Sayangnya belum terbuka untuk umum karena belum selesai. (foto:HA)

Rencana ada 85 miniatur yang akan dibangun di atas lahan 7 hektare tersebut, selain itu rencananya juga akan dibuat patung Bupati yang pernah memimpin Kutai. Namun, untuk melanjutkan pembangunan taman replika itu terkendala dana.

“Kami usahakan pada 2017 salah satu fokus saya menyelesaikan taman replika ini. Tapi jika 2016 ini Kukar ada tambahan dana dari pusat, maka akan dilanjutkan tahun ini,” ujarnya.

Semantara, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kukar Basri Hasan, melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) tersebut, Sofyar Ardanie mengatakan, taman replika tersebut berada dilahan seluas 7 hektare, dengan konsultan perencana PT Daya Cipta Dianrancana, yang dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Karya Nasional Abadi. Pada tahap awal pembangunannya, baru memakai 2,4 hektare.

Dikatakannya, pada tahap awal pembuatannya di tahun 2015, telah dibuat tujuh replika, yaitu Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Candi Mahligai (Kerajaan Sriwijaya), Candi Tikus (Majapahit), Istana Kerajaan Tanjung Palas (Bulungan), Istana Gunung Tabur (Berau), menara Pisa (Italia), dan menara Eifel (Perancis). Selain itu juga telah dibuat pembangunan jalan dengan konstruksi cor beton.

“Namun tujuh replika tersebut belum selesai sepenuhnya. Demi keamanan, maka saat ini miniatur yang ada kami pagar dengan seng karena belum diperkenankan dikunjungi,” ujarnya.

Dikatakannya, jika dananya tersedia, maka pembangunan taman replika dilanjutkan dengan pengerjaan taman atau landscape, pembangunan gedung pusat budaya yang berbahan kayu, serta menambah beberapa replika.

“Kalau anggaran ada, maka akan dilanjutkan lagi pembangunannya,” ujarnya.

Taman Replika tersebut dibangun sebagai upaya Pemkab Kukar untuk menambah daftar tujuan wisata di Tenggarong dengan mengembangkan kawasan Waduk Panji Sukarame. Taman itu disebut-sebut sebagai taman replika satu-satunya di Kalimantan, bahkan pertama di Indonesia yang berisi 85 miniatur Kerajaan Nusantara dan Monumen Dunia.(HA)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password