Liga Champions: Manchester City Menang 3-1 di Kandang Dynamo Kiev

KIE- Manchester City membuka lebar jalan menuju perempatfinal Liga Champions. City memetik kemenangan 3-1 di markas Dynamo Kiev di leg I babak 16 besar.

Dalam pertandingan di Olympic Stadium, Kiev, Kamis (25/2/2016) dinihari WIB, City sempat mendapat tekanan dari tuan rumah di menit-menit awal. Tapi City kemudian bisa mencuri dua gol lewat Sergio Aguero dan David Silva.

Memasuki babak kedua, Dynamo Kiev yang tampil ngotot untuk mengejar ketertinggalan mampu menipiskan skor lewat sepakan Vitaliy Buyalskiy di menit ke-59. Meski terus berupaya mencetak gol balasan, Dynamo tak mampu membobol gawang City lagi. Sebaliknya, City justru mampu melebarkan jarak lagi lewat gol Yaya Toure di penghujung laga.

Dengan kemenangan ini, jalan City menuju babak perempatfinal terbuka lebar. The Citizens akan gantian menjamu Dynamo Kiev di Etihad Stadium di leg II pada 15 Maret mendatang dengan modal tiga gol tandang. Sementara Dynamo Kiev harus menang dengan selisih tiga gol jika ingin membalikkan keadaan.

Jalannya Pertandingan

Dynamo Kiev mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Di menit keempat, tuan rumah mendapat tendangan bebas setelah Yaya Toure melakukan pelanggaran terhadap Denis Garmash.

Dari tendangan bebas tersebut, bola dihalau oleh barisan pertahanan City. Bola lantas dikuasai oleh Andriy Yarmolenko yang kemudian menyisir dari sisi kanan dan melepaskan tembakan dari sudut sempit dari dalam kotak penalti. Bola mengarah ke gawang tapi Joe Hart dengan sigap menepisnya.

Dua menit berselang, gantian City yang melakukan serangan. Serangan tersebut diakhiri dengan tembakan Toure dari luar kotak penalti, namun masih terlalu lemah dan bola bisa ditangkap oleh Oleksandr Shovkovskiy.

Tekanan yang dilancarkan Dynamo Kiev kembali menghadirkan peluang di menit ke-12. Derlis Gonzalez yang mampu mencuri bola dari Fernando kemudian mengoper kepada Lukasz Teodorczyk yang langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun upayanya itu masih melenceng dari gawang Hart.

Mendapat tekanan di awal pertandingan, City kemudian justru mampu mencuri gol di menit ke-15. Dari sebuah sepak pojok, bola disundul Toure dan jatuh ke kaki Aguero. Tak terkawal, Aguero lantas melepaskan tendangan keras dengan kaki kanan untuk menjebol gawang Dynamo.

Meski unggul dalam penguasaan bola, Kiev kesulitan untuk menciptakan peluang. Sementara itu, City justru nyaris menggandakan keunggulannya di menit ke-22. Tapi tembakan Aguero dari sisi kanan kotak penalti yang mengarah ke tiang jauh masih melebar tipis dari gawang.

City terus menebar ancaman. Toure melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti setelah menerima bola operan dari Aguero. Namun Shovkovskiy dan bola dihalau pemain belakang Dynamo.

City menggandakan keunggulannya di menit ke-40. Kombinasi antara Aguero dan Raheem Sterling diakhiri dengan gol Silva. Aguero yang menerima umpan panjang kemudian mengontrol bola dan mengoper kepada Sterling yang masuk ke kotak penalti. Dari sisi kiri, Sterling mengirim umpan ke tiang jauh yang langsung disambut oleh Silva.

Dua menit berselang, Aguero nyaris kembali mencatatkan namanya di papan skor. Dari serangan balik, Aguero yang menerima bola dari Fernandinho punya cukup ruang untuk melepaskan tembakan. Tapi tendangan kaki kiri Aguero yang mengarah ke tiang jauh masih melebar.

Memasuki babak kedua, Dynamo yang tertinggal mencoba mengambil inisiatif menyerang. Tapi serangan mereka kerap patah oleh barisan pertahanan City. Dynamo baru mendapat peluang di menit ke-52 lewat tendangan Yarmolenko dari sisi kanan kotak penalti, tapi masih melebar dari tiang jauh.

Tekanan yang dilancarkan Dynamo akhirnya membuahkan hasil di menit ke-59. Domagoj Vida mengirim bola ke kotak penalti yang dihalau oleh Nicolas Otamendi dengan sundulan. Bola jatuh ke kaki Vitaliy Buyalskiy yang ada di depan kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan yang membentur Otamendi dan bola berbelok sehingga tak bisa diantisipasi oleh Hart.

Setelah kebobolan, City mencoba untuk kembali mengambil kendali permainan. City terus berupaya untuk mengembalikan keunggulan dua gol yang sempat mereka dapat. Tapi serangan-serangan City tak membuahkan hasil.

Sementara itu, Dynamo mendapat peluang bagus di menit ke-79. Buyalskiy yang menerima bola dari Miguel Veloso melepaskan tembakan mengarah ke pojok kanan gawang City tapi Hart masih bisa menghalaunya.

Tiga menit berselang, giliran City yang menyia-nyiakan peluang bagus untuk mencetak gol. Umpan Sterling dari sisi kiri disambut sundulan oleh Toure yang sudah menunggu di depan gawang. Namun, meski tak mendapat tekanan berarti, Toure gagal mengarahkan tandukannya ke gawang.

Toure akhirnya benar-benar mencetak gol di penghujung waktu normal. Setelah melakukan kerja sama satu dua dengan Fernandinho di depan kotak penalti Dynamo, Toure kemudian melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kiri. Bola meluncur ke pojok kanan gawang Dynamo dan tak bisa dijangkau oleh Shovkovskiy.

Susunan Pemain

Dynamo Kiev: Shovkovskiy, Danilo Silva (Makarenko 66′), Dragovic, Vida, Khacheridi, Rybalka, Garmash (Veloso 31′), Gonzalez, Buyalskiy, Yarmolenko, Teodorczyk (Moraes 46′)

Manchester City: Hart, Sagna, Clichy, Otamendi, Kompany, Fernando, Sterling, Silva, Fernandinho, Toure, Aguero (Iheanacho 91′) (Sumber:detik.com)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password